EkonomiHeadline

Bone Bolango Siap Pimpin Ekspor Ikan Tuna dari Gorontalo ke Jepang

BeritaNasional.ID, Manado – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyebutkan bahwa Bone Bolango siap memimpin ekspor ikan tuna dari Gorontalo ke Jepang.

Hal ini diungkapkan Hamim Pou pada rapat tindak lanjut rencana eksport ikan tuna ke Jepang yang digelar di ruang rapat J.E Tumbelaka, Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Rabu (1/3/2023).

“Nelayan kami di Gorontalo saat ini mampu menyediakan ikan tuna sebanyak 5 ton dalam sepekan. Jumlah ini yang rencana akan di eksport ke Jepang, dan kami (Bone Bolango) siap untuk memimpin ekspor ikan tuna tersebut,”ungkap Hamim dihadapan peserta rapat.

Rapat yang dipimpin oleh Assisten II Setda Provinsi Sulawesi Utara Fraseno Hadi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Sulut Gorontalo dan Maluku Utara serta General Manager PT. Garuda Indonesia Manado.

Selain itu hadir pula Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara, Kepala Dinas Perindag Sulawesi Utara, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango, Kabag Ekbang Setda Bone Bolango serta tak ketinggalan pula para pengusaha eksportir ikan tuna Gorontalo.

Diketahui dalam rencana ekspor ikan tuna ke Jepang ini, Pemda Bone Bolango akan bekerjasama dengan Pemerintah Sulawesi Utara dan PT. Garuda Indonesia yang saat ini telah membuka penerbangan jalur Manado-Narita mulai tanggal 2 Maret 2023 pukul 02.00 wita.

“Kami membaca di medsos bagaimana Pemprov Sulut bersama PT. Garuda Indonesia yang berencana membuka penerbangan Manado-Narita. Kami ingin memanfaatkan penerbangan ini untuk bisa membawa ikan tuna dari Gorontalo ke Jepang,”tutur Hamim.

Hamim mengakui bahwa dengan adanya penerbangan ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi pengusaha tuna di Gorontalo yang saat ini masih menggunakan kapal laut untuk sarana transportasi eksport tuna keluar negeri.

“Banyak hal yang bisa kami hemat diantaranya waktu dan biaya. Kualitas tunanya terjamin. Sehingga hanya dalam hitungan jam, ikan tuna segar dari Gorontalo sudah masuk ke tiap resto yang ada di Jepang,”ujar Hamim.

Menyikapi rencana Pemda Bone Bolango, tersebut seluruh pihak yang hadir pada rapat tersebut sangat menyambut baik dan menyatakan akan mendukung dan memberikan kemudahan dalam kegiatan ekspor ikan tuna dari Gorontalo ke Jepang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button