AsahanDaerah

Hadiri Wisuda Sarjana Ke – XXVIII Universitas Asahan, Ini Kata Asisten Perekonomian & Pembangunan

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Pemerintah Kabupaten Asahan sangat bangga dan menyampaikan apresiasi kepada Universitas Asahan dengan status terakreditasi “B” yang telah banyak meluluskan sarjana baik dari Fakultas Teknik, Pertanian, Ekonomi, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hal ini merupakan bukti bahwa penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan UNA telah memenuhi standar Nasional.

Hal itu disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Asahan Drs. Muhilli Lubis dalam sambutannya ketika mewakili Bupati pada acara Wisuda Sarjana ke – XXVIII UNA di halaman parkir universitas tersebut, Sabtu (18/12/2021).

Dikatakannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan dirinya yang mewakili Bupati H. Surya BSc menyampaikan ucapan selamat khususnya kepada wisudawan dan wisudawati dalam menyelesaikan program pendidikan yang ditempuh, semoga hasilnya dapat memberikan manfaat besar bagi kepentingan pembangunan bangsa dan negara.

Untuk itu saya berharap kepada seluruh civitas akademika agar tidak bosan – bosan dalam berperan aktif dengan karya nyata yang benar – benar dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat banyak, ujar Muhilli.

Sementara sebelumnya Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk merespon perubahan visi Kemendikbudristek dan perkembangan pasar kerja di era Revolusi Industri 4.0, Universitas Asahan telah melakukan penyelarasan arah pembangunan UNA dengan tetap mengacu pada Statuta UNA yang saat ini sedang dalam proses penyesuaian dan Rencana Induk Pengembangan UNA Tahun 2006 – 2025 yang bertujuan menjadi universitas yang unggul bidang pendidikan dan eco-socia-environment dalam menghasiikan lulusan yang inovatif dan berkepribadian.

Tri Harsono juga menyampaikan untuk mewujudkan visi tersebut, di tahun 2021 UNA telah meluncurkan program utama “Akselerasi Perubahan Menuju UNA Unggul”. Kemudian dengan bercermin dari kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan tantangan yang dihadapi UNA, telah pula diimplementasikan 8 (delapan) program terobosan yakni, program terobosan reakreditasi Program Studi dan Institusi UNA, peningkatan layanan pendidikan tinggi berbasis IT, peningkatan mutu layanan pembelajaran, penyediaan sumberdaya manusia, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan sarana internet, peningkatan kualitas LPM dan LPPM UNA dan kerjasama riset dan pengabdian bersama dengan berbagai lembaga di luar UNA dan Pemerintah Kabupaten Asahan juga terus digalakkan.

Sementara Ditempat yang sama Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara melalui Kepala Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Drs. Heriyanto MSi menyampaikan bahwa peningkatan kualitas Perguruan Tinggi Swasta termasuk Universitas Asahan tidak hanya dilihat dari kuantitas lulusan, namun utamanya dari kualitas lulusannya.

Dijelaskannya, saya ini Pemerintah juga telah memberikan bantuan terhadap peningkatan kualifikasi pendidikan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi Swasta yang telah memiliki NIDN antara lain, melalui peningkatan kualifikasi pendidikan dengan memberikan beasiswa Kepada Tenaga Pengajar/Dosen kejenjang Pendidikan S3 atau Doktor, memberikan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi Dosen, memberikan tunjangan profesi bagi dosen yang telah memiliki jabatan fungsional Dosen Minimal Assisten Ahli dan memberikan bantuan penelitian dalam bentuk hibah kepada dosen muda yang berprestasi dan Dosen-Dosen yang menghasilkan penelitian bermutu.

Heriyanto juga mengatakan agar menjadi Perguruan Tinggi yang baik dan taat azas tetaplah berpedoman pada aturan yang berlaku antara lain, tentang Akreditasi Perguruan Tinggi baik Akreditasi Prodi maupun Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) bertujuan untuk menentukan kelayakan atau tidaknya sebuah Perguruan Tinggi dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan mengeluarkan lulusan.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button