Jawa TimurProbolinggo

Ingatkan Tentang Sejarah, Sertu Agus Budiono Ajak Nobar Film G 30 S/PKI

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM -Untuk mengenang sejarah kelam tentang upaya kudeta perebutan kekuasaan negara oleh partai komunis Indonesia ( PKI ) yang puncaknya melakukan aksi penculikan dan pembunuhan terhadap 7 Jendral TNI angkatan darat yang dikenal dengan nama peristiwa G.30 S/PKI ( Gerakan 30.September/Partai Komunis Indonesia) Tahun 1965. Nobar (nonton bareng) ini dilakukan di Lapangan SMPN 2 Banyuanyar desa Liprak kidul Kecamatan Banyuanyar, Sabtu Malam (30/9).

Masyarakat setempat turut hadir berbaur bersama pelajar dari SMP, SD dan MI yang ada di Wilayah Binaan koramil 0820-20/Banyuanyar yang dengan sangat seriusnya mengikuti alur cerita film tersebut hingga usai.

Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan dengan menyayikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan.

Sertu Agus Budiono Anggota koramil 0820-20/Banyuanyar mengatakan kami sangat mendukung pemutaran film G30/S PKI untuk mengingatkan kembali peristiwa sejarah pada tahun 1965 kepada generasi muda yang tidak mengerti tentang PKI.

Tujuannya agar masyarakat mengetahui sejarah bahwa pernah terjadi pergerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yg ingin merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1965.

Pemutaran film ini juga sekaligus mengingatkan kita akan sejarah Kesaktian Pancasila dimana Pancasila telah berulangkali berusaha untuk digulingkan dan diruntuhkan namun sampai saat ini Pancasila tetap berdiri kokoh dan menjadi Dasar Ideologi Negara yang sangat hakiki dalam mempertahankan Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Nonton Bareng Film ini merupakan sebagai pelajaran bagi generasi muda dan masyarakat, selain itu pemutaran film ini untuk mengetahui banyak nilai sejarah yang berguna bagi seluruh anak bangsa, khususnya Para generasi muda.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button