BondowosoDaerahJawa Timur

Kapolres Bondowoso Harapkan Perguruan Silat Ikut Jaga Kamtib

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Untuk menciptakan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) di wilayah Hukum Polres Bondowoso, pihak kepolisian harus tegas dan bertindak secara humanis kepada masyarakat.

Menyikapi hal ini, Polres Bondowoso menggelar spel skala besar mengantisipasi kericuhan konvoi dan perselisihan antar perguruan silat. Dalam apel tersebut yang menjadi prioritas dalam patroli ada 3 titik, yaitu di Kecamatan Maesan, Tapen dan Kecamatan Tlogosari.

Gelar apel skala besar dipimpin langsung oleh Kapolres Bondowoso AKBP Lintar Mahardhono, SH, SIK, MIK, diikuti seluruh anggota dan PJU Polres, serta seluruh Polsek.

Kapolres Lintar mengatakan, apel skala besar ini digelar untuk menjalin silaturahmi dan kerukunan diantara para perguruan silat serta mengantisipasi konvoi yang bisa menimbulkan perselisihan dengan warga.

Dijelaskan, keberagaman perguruan pencak silat di Kabupaten Bondowoso dengan latar belakang yang bermacam-macam sangat berpotensi terjadi konflik yang sangat berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Dampak dari konflik sangat banyak yang dirugikan. Mulai dari jatuhnya korban jiwa, situasi menjadi tidak aman, dan lain sebagainya.

“Untuk mencegah terjadinya konflik, kita gelar apel skala besar, supaya tercipta kerukunan dan kekompakan antar perguruan pencak silat di wilayah hukum Polres Bondowoso, ” ujar AKBP Lintar.

Disamping itu, lanjut Lintar, sapaan akrabnya, dengan patroli dititik target, diharapkan penilaian negatif masyarakat terhadap perguruan silat, berubah menjadi positif.

Dalam kesempatan itu orang nomer satu di Mapolres Bondowoso juga mengajak kapada seluruh perguruan silat, bersatu, rukun, dan kompak dalam menjaga keamanan di Kabupaten Bondowoso.

“Kita semua adalah saudara, walaupun berbeda perguruan dan payung organisasi. Mari bersama-sama ciptakan suasana yang nyaman dan aman di wilayah Kabupaten Bondowoso. Untuk seluruh jajaran Polres Bondowoso dalam melaksanakan patroli, saya harapkan bersikap santun dan humanis kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bondowoso,” tandasnya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button