GorontaloHeadline

Targetkan Panen 3 Kali Setahun, Merlan Beri Perhatian pada Ketersediaan Pupuk untuk Petani Bone Bolango

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli memberi perhatian besar terhadap ketersediaan pupuk bagi petani di Bone Bolango.

Menurutnya, ketersediaan pupuk ini menjadi bagian dari upaya untuk merealisasikan target Pemerintah Daerah Bone Bolango yang menginginkan petani padi di Bone Bolango bisa 3 kali panen dalam setahun. Sementara disisi lain, menurut Merlan banyak petani yang sering mengeluhkan masalah ketersediaan pupuk.

“Tahun ini kita menargetkan 3 kali musim tanam dan panen. Jadi keluhan para petani harus menjadi perhatian kita pihak Pemerintah serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,”kata Merlan S. Uloli pada kegiatan Panen Padi Sawah di Desa Toto Selatan, Kecamatan Kabila, Selasa (17/1/2023).

Merlan berharap kebutuhan beras didaerah akan terpenuhi dengan target 3 kali musim tanam dan panen. Selain itu Dia juga berharap tidak ada lagi beras dari daerah lain yang masuk sehingga kesejahteraan para petani di Bone Bolango akan meningkat.

“Ini harus kita buktikan bersama dengan komitmen dan kesabaran kita,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bone Bolango, Yusbar Ismail mengungkapkan bahwa pelaksanaan panen padi sawah ini sudah tiga kali dilaksanakan di Bone Bolango yakni di Desa Lamahu, Desa Toluwaya dan Desa Toto Selatan.

“Produksi gabah ubinan panen di Lamahu sebesar 8 ton, di Toluwaya sebesar 9,6 ton, dan hari ini (Toto Selatan,red) 5,9 ton,”kata Yusbar.

Lebih lanjut Yusbar mengatakan akan menjadikan hasil panen kali ini sebagai bahan analisa baginya agar seluruh produktivitas hasil panen dapat merata jumlahnya dengan maksimal.

“Saya tidak ingin petani di Bone Bolango sama dengan daerah lain yang lahannya kering dan hasil panennya sedikit. Sebab kita diapit 2 irigasi besar yaitu Alale dan Lomaya. Ini harus dimanfaatkan,”tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button