BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Wabup Bondowoso Membuka Lomba Senam P5

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar Rachmat, S.E., M.Si., membuka Lomba Senam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) jenjang SLTP tingkat Kabupaten, Minggu (28/05/2023) di GOR Pelita Bondowoso.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., Ketua MKKS SMP, Sarbini, S.Pd.I., Kepala Sekolah (KS) SMP dan guru PJOK SMP.

Wabup Irwan menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluaga besar Dinas Pendidikan. “Saya sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan, utamanya panitia lomba senam P5. Lomba ini baru yang pertama,” ungkap Irwan, sapaannya.

Pihaknya berharap, lomba yang dilaksanakan oleh MGMP PJOK SMP berjalan dengan menjunjung sportifitas khususnya untuk para peserta. “Kalah menang itu hal yang biasa. Mari kita buktikan sebagai pelajar Pancasila dengan saling menghormati dan menghargai,” pesannya.

Menurutnya, ciri-ciri pelajar Pancasila adalah gotong royong, saling menghormati dan saling menghargai. “Jika ada peserta yang belum beruntung jangan di olok-olok, karena sifat tersebut akan menghilangkan sifat orang Pancasila,” tegasnya.

Sementara itu, ketua panitia lomba, Haris Hendra Septa, S.Pd., mengatakan, lomba ini merupakan agenda tahunan MGMP PJOK. “Ini agenda tahunan dari MGMP PJOK, cuma karena beberapa tahun kemarin ada Covid-19, baru aktif lagi tahun ini,” ucap Haris.

Guru SMPN 2 Pakem itu menambahkan, pihaknya akan mengusahakan supaya tiap tahun digelar lomba dengan jenis berbeda-beda. “Kita usahakan tiap tahun jenis lomba tidak sama, agar ada inovasi yang lebih baik lagi bagi MGMP PJOK SMP,” imbuhnya.

Dalam ajang tahun ini, pihaknya memberikan penghargaan kepada 11 peserta terbaik yang terdiri dari juara 1-3 dan juara harapan 1-8. “Bagi yang berhasil meraih juara harapan 1-8 akan mendapatkan trophy dan sertifikat, sedangkan juara 1-3 akan mendapatkan trophy, sertifikat dan uang pembinaan,” ucapnya.

Disamping mengadakan lomba senam P5, pihaknya juga merencanakan program lanjutan, yaitu senam masal yang rencananya akan di gelar di Alun-Alun Bondowoso bulan September nanti.

Lomba ini diikuti oleh 31 grup/lembaga SMP/MTs se-derajat dengan syarat maksimal 10 anggota dalam satu grup. (Zainul Muhaimin)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button