Bengkulu

Dapat Anggaran 180 M,  Pembangunan SPAM Kobema Ditagetkan Tuntas 2025

 

Ilustrasi SPAM Kobema
Ilustrasi SPAM Kobema

BENGKULU, Beritanasional.id- Provinsi Bengkulu mendapatkan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kobema Regional Rp 180 Miliar dari total anggaran Rp 1 trilun dari APBN. Pembangunan SPAM ini merupakan program strategis nasional (PSN).

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, mengatakan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kobema Regional ditargetkan selesai tahun 2025.

Dalam pekerjannya, dilakukan lintas sektoral dari Kementerian hingga Pemda. “Semua memiliki peran, 3 jadi keroyokan Kementerian punya peran, Pemprov dan kabupaten/kota juga punya peran,” ungkap Tejo, Selasa (02/11/2022).

Tejo mengatakan, MoU dengan Pemkab/Pemkot telah dilakukan. Sehingga, UPTD SPAM Regional nanti dikelola Pemprov.

“Anggarannya Rp 1 Triliun lebih dari APBN dan yang kita kerjakan sekitar Rp 180 M,” kata tejo.

Ia mengatakan, Pemprov mendapatkan bagian untuk mengerjakan jaringan utama penghubung dari titik pengambilan sumber air untuk menyambungkan ke 2 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu dan Kabupaten Seluma.

“Distribusi utama Kementerian, Intek Balai Sungai, jalur distribusi dari kabupaten/kota oleh Pemprov dan jalur distribusi ke pelanggan itu kabupaten/kota yang akan mengerjakan,” jelas Tejo.

Pengerjaan jaringan distribusi oleh Pemprov sepanjang 45 KM secara keseluruhan. Sedangkan untuk tahun ini ditargetkan sepanjang 15 KM yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

“Untuk tahun ini kita mengerjakan jalur pipa sepanjang 15 KM dari 47 KM hingga tahun 2025, saat ini pengerjaannya masih batas Bengkulu Tengah,” terang Tejo.

Jaringan yang dikerjakan Pemprov dimulai dari Bengkulu tengah di wilayah Taba Penanjung, yang sumber air yang diambil berasal dari limpahan bendungan PLTA Musi di Kabupaten Kepahiang.

“Titik utamanya dari Taba Penanjung, karena memang kita ambil dari limpahan bendungan Sungai Musi,” tutup Tejo. (Adv)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button