ACEH

Hari Apoteker Sedunia 2022, Ratusan Warga Aceh Tamiang Check Up Kesehatan

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG – Peringati World Pharmacist Day atau Hari Apoteker Sedunia, ratusan warga antusias menjalani pemeriksaan (check up) kesehatan. Kegiatan itupun dipercaya Kampung Kesehatan Kecamatan Karang Baru sebagai titik lokasi kegiatan, Minggu (25/9/2022).

Datok Penghulu (Kepala Desa) Desa Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang Syariful Alam mengatakan ratusan warganya antusias menjalani pemeriksaan (check up) kesehatan pada peringatan World Pharmacist Day atau Hari Apoteker Sedunia yang di pusatkan di desa setempat, Minggu (25/9/2022).

“Kami sangat berterima kasih Desa Kesehatan mendapat kepercayaan sebagai penyelenggara Hari Apoteker Sedunia 2022 di Kabupaten Aceh Tamiang yang juga dilaksanakan serentak secara nasional,” kata Syariful Alam saat disambangi BERITANASIONAL.ID, Senin (26/9/2022).

Syariful Alam mengklaim peringatan World Pharmacist Day berjalan sukses baik dari segi persiapan tempat maupun pesan moral yang disampaikan para tenaga apoteker kepada masyarakat.

“Segala fasilitas seperi tenda, meja, kursi hingga sound system kami yang sediakan. Untuk peralatan check up itu dari para apoteker. Selaku datok penghulu saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini karena banyak mengedukasi warga tentang kesehatan tubuh,” ujarnya.

Karena menurut Syariful Alam kegiatan hari apoteker sedunia ini dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis. Sebelum check up seluruh warga yang hadir diajak senam pagi bersama para apoteker.

“Ada ratusan orang warga Desa Kesehatan terdiri laki-laki dana perempuan ikut check up kesehatan berbagai macam penyakit. Check up ini tidak hanya untuk warga Desa Kesehatan saja tapi masyarakat umum yang hadir dipersilahkan check up dan diberi obat secara gratis,” terang Syariful.

Dihubungi terpisah, Ketua panitia pelaksana World Pharmacist Day, Shella Faranesia S.Farm menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka memperingati Hari Apoteker Sedunia 2022.

“Alhamdulillah kegiatan ini sukses didukung penuh oleh sosok datok penghulu Desa Kesehatan. Kami juga apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarkat yang begitu antusias mengikuti rangkaian acara hingga selesai,” kata Shella.

Pihaknya menyatakan Desa Kesehatan yang dipimpin datok Syariful Alam dipilih untuk peringatan World Pharmacist Day karena selain berada di pusat pemerintahan kabupaten, juga selama ini eksis menggelar berbagai event-event tingkat kabupaten.

Apoteker Aceh Tamiang siap melayani serta edukasi obat penyakit kronis seperi TBS dan diabetes, sesuai tema yang diusung yakni apoteker bersatu dalam aksi menuju dunia yang lebih sehat.

“Peringatan hari apoteker sedunia tahun ini kami fokuskan terhadap check up kesehatan seperti penyakit diabetes, kolestrol, asam urat dan penyakit lainnya serta memberi obat pencegahan tanpa dipungut biaya,” jabarnya.

“IAI Aceh Tamiang juga memberi door prize menarik kepada masyarakat yang mengikuti acara hari apoteker sedunia sebagai bentuk kebersamaan,” sambung Shella Faranesia. ()

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button