Sidrap

Tingkatkan PAD, Bapenda Sidrap Gelar Sosialisasi PBB-P2 di Pitu Riase dan Dua PituE

BeritaNasional.ID, Sidrap – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sidrap turun melakukan sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2020, Selasa 16 Juni 2020.

Sosialisasi dilaksanakan di dua lokasi, yakni Kecamatan Pitu Riase dan Kecamatan Dua Pitue secara bergilir, Tepatnya, di aula kantor camat masing-masing.

Tim sosialisasi dipimpin Kepala Bapenda Sidrap, Rahmat Kartolo didampingi Sekertaris Bapenda Muhammad Yusuf DM.

Turut hadir, Kabid Pendapatan Jemmi Harun, Kabid Pengawasan, Habbabe, Kabid Perencanaan Sulaiman, Kasubid PAD Nurhidayah Ibhas, dan sejumlah staf.

Di Pitu Riase, sosialisasi dihadiri Camat Pitu Riase, Andi Mukti Ali, Lurah dan Kepala Desa serta para pembantu kolektor.

Kepala Bidang Pendapatan, Jemmi Harun menjelaskan, sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, diperlukan upaya dalam memacu pengelolaan PBB-P2.

“Jadi daerah mempunyai kewajiban melaksanakan Sosialisasi, Pendataan, Perbaikan dan Solusi Pencapaian target. Tiada lain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersumber dari PBB,” ungkap Jemmi Harun.

Sementara Kepala Bapenda Sidrap, Rahmat Kartolo berharap sosialisasi tersebut meningkatkan pemahaman dan mendorong kepatuhan wajib pajak.

“Sehingga wajib pajak sadar dan patuh akan kewajibannya dalam hal membayar pajak, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” terang Rahmat Kartolo.

Rahmat Kartolo juga mengurai realisasi PBB-P2 untuk Kecamatan Pitu Riase hingga Minggu ke IV Bulan Mei tahun 2020 sebanyak Rp446,653,445 atau 51,36% dari target sebesar Rp869,674,778.

Usai di Pitu Riase, sosialisasi di lanjutkan di Kecamatan Dua Pitue yang dihadiri Camat Dua Pitue, Abdul Rahman Rauf dan Sekcam Baharuddin Sa’na. Sosialisasi juga dihadiri para
Lurah, Kepala Desa dan pembantu kolektor setempat.

Dalam kesempatan itu disampaikan realisasi PBB-P2 Kecamatan Dua Pitue sampai Minggu ke IV bulan Mei 2020 sebanyak Rp418,937,049 atau 60,38â„… dari target Rp693,778,421.

Rahmat Kartolo selanjutnya mengungkapkan, sosialisasi PBB-P2 ini sedianya akan dilaksanakan di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidrap.

“Untuk hari pertama ini dilaksanakan di Kecamatan Pitu Riase dan Dua Pitue. Dijadwalkan menyusul kecamatan lainnya,” tutur Rahmat Kartolo.

Lanjut Rahmat Kartolo, rencananya, sosialisasi hari kedua akan dilanjutkan di Kecamatan Pitu Riawa dan Kecamatan Watang Sidenreng, pada hari Rabu Besok, 17 Juni 2020. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button