DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Anggota Komisi VI DPR RI Sosialisasikan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan UMKM dan Ultra Micro

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Guna mempermudah sekaligus memperlancar aktivitas dan transaksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ultra Mikro (UMi) dalam penjualan melalui digitalisasi secara online, Ir. HM. Nasim Khan Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi untuk peningkatan UMKM dan Ultra Micro, Senin (25/4/2022).

Sosialisasi yang berlangsung di Kantor DPC PKB Situbondo ini, bertujuan untuk mengembangkan sekaligus membangkitkan para pelaku UMKM dan Ultara Micro serta mengupayakan stimulus berupa pelatihan maupun pendampingan untuk mendukung UMKM Ultra Mikro memanfaatkan teknologi informasi menuju pemasaran online. “Untuk peningkatan kapasitas dan peran UMKM Ultra Mikro di dalam ekonomi nasional, maka perlu adanya pemanfaatan teknologi informasi dalam memasarkan produk-produknya secara online,” kata Nasim Khan.

Lebih lanjut, Nasm Khan mengatakan, upaya pembangunan infrastruktur telekomunikasi dilakukan dalam rangka meningkatkan dan memanfaatkan teknologi di berbagai kegiatan ekonomi masyarakat dan UMKM. “Isu besar saat ini adalah internetifikasi rasio dan disparitas internet. Pemerintah harus terus membangun dan mendorong optimalisasi pemanfaatan telekomunikasi nasional yang lebih berkualitas dan merata, sehingga hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh UMKM dan Mikcro Ultra secara nyata dan merata,” jelasnya.

Menurut Nasim Khan, saat ini secara coverage administrative terdapat kurang lebih 70.760 desa dan kelurahan de Indonesia yang sudah tersedia fasilitas jaringan sinyal 4G. Untuk itu, Nasim Khan berharap agar para pelaku UMKM dan Micro Ultra bisa memanfatkan jaringan tersebut dan melakukan transaksi atau penjualan secara online.

Akselerasi transformasi digitalisasi nasional, sambung Nasim Khan, Komisi VI DPR RI akan terus berusaha mendorong pertumbuhan UMKM Ultra Mikro mampu menghadapi tantangan dan bersaing di masa pandemi Covid-19 ini melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). “Sebagai titik penting kebangkitan UMKM dan Ultra Mikro Indonesia, maka kami Komisi VI DPR RI akan terus mendorong UMKM dan Ultra Micro ikut serta dalam arus besar transformasi digital Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut, Nasim Khan menyatakan bahwa, kehadiran Komisi VI DPR RI untuk membantu membangkitkan UMKM dan Ultra Mikro Indonesia di masa pandemi Covid-19 terus dilakukan. “Salah satunya, kami Komisi VI DPR RI terus melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi untuk peningkatan UMKM dan Ultra Micro,” ujarnya.

Selain itu, kata Nasim Khan, melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Komisi VI DPR RI juga mengupayakan stimulus berupa pelatihan maupun pendampinga, terutama untuk fasilitasi penyesuaian peralihan aktivitas bisnis UMKM Ultra Mikro ke ruang digital atau digital space yang dikenal dengan sebutan digital on boarding.

“Aspek ini harus dimaksimalkan, harus terus didorong, harus terus ditingkatkan, mengingat dari 64 juta UMKM/UMi Indonesia, ada 9,4 juta atau baru setara 14,6% UMKM/Ultra Mikro yang sudah go online. Tugas kita adalah menseimbangkan atau mendorong UMKM dan Ultra Micro memanfatkan teknologi informasi digitalisasi dalam pemasaran online,” tegas Nasim Khan.

Tujuannya, imbuh Nasim Khan, untuk pengembangan dan pendampingan demi peningkatan gerakan UMKM dan Ultra Micro jualan secara online. “Kita juga akan mendampingi program pelatihan pemasaran digital untuk UMKM Ultra Mikro dan terus melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi bagi UMKM dan Ultra Micro,” tuturnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button