Citizen

Berbagai Modus Kasus Jual Beli Satwa Dilindungi Makin Marak

MALANG – Beritanasional.ID – Berbagai modus penjualan satwa  dilindungi saat masih marak terjadi. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menjelaskan banyak modus-modus  dijalankan oleh para pelaku.

Mamat Rohimat selaku Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah VI Probolinggo mengatakan bahwa perdagangan satwa liar dan langka dilindungi terus terjadi dengan Jaringan yang  masif dan terorganisir.

“Para pelaku dalam menjalankan aksinya  ini bekerjasama dengan pengepul atau masyarakat yang ada di hulu sana. Dengan modus , tidak langsung di pasar, tapi lewat media sosial,” kata Mamat, Selasa 3/3/2020.

Mamat menjelaskan, bahwasannya berbagai Modus jual beli satwa dilindungi ini memang cukup sulit diungkap lantaran jaringan pelaku yang sudah terorganisir.

“Dalam pembuktiannya Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengungkap. Yang bisa mengungkap memang jarang. Kita perlu waktu dan ketelitian,terutama bekerjasama dengan Polisi” paparnya.

BKSDA berharap, ada kerjasama dari semua pihak untuk mengungkap jaringan perdagangan satwa langka in termasuk warga masyarakati.

“ Kami sangat berharap sekali  kepada masyarakat, ketika ada informasi yang melakukan perdagangan satwa ilegal, segera koordinasi dengan kami atau kepolisian,” tegas Mamat. (Hamzah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button