AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesi

Rangsang Anak ke Sekolah, Disdikbud Sidrap Beri Dana Infaq

Nurkanaah, Ini Bantuan Dari Baznas Sidrap

BeritaNasional. ID, Sidrap— Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan galakkan program gerakan sadar infaq.

Program ini bertujuan untuk mengurangi anak putus Sekolah dan merangsang anak untuk rajin ke Sekolah, pasalnya selama ini banyak anak ditemukan tidak bersekolah karna keterbatasan biaya hidup, sehingga mereka mencari nafkah sendiri untuk kebutuhan hidup.

Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap mengeluarkan program Infaq bagi anak sekolah, dan Infaq ini berlaku bagi Siswa yang orang tuanya ” Tidak Merokok dan Tidak Memiliki HP Android “.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Disdikbud Sidrap Nirkanaah, saat di konfirmasi, media Rabu, 18 Juli 2019 di ruang kerjanya.

Lanjut Nurkanaan mengatakan besaran dana yang diberikan kepada Siswa tersebut sebesar Rp. 5000,- perhari.

Dan perlu diketahui bahwa dana tersebut bersumber dari Baznas Sidrap sebesar Rp. 50 juta, dan ini juga dari infaq guru-guru di Sidrap.

Dijelaskan Nurkanaan, bulan Agustus mendatang, tepat di HUT RI ke-75, kita melakukan longching yaitu program Infaq Rp. 1000,- perbulan dari Siswa untuk Siswa.

Dikatakan Nurkanaah, untuk merealisasikan program ini pihaknya telah menyebarkan informasi ini kesemua Sekolah baik di SD dan SMP/ Swasta untuk melakukan pendataan bagi Siswa Miskin.

Wawan Irawan salah satu pemerhati Pendidikan di Bumi Nene Mallomo ini mengatakan apresiasi terkait dengan program yang digagas Pemda Sidrap, yaitu merangsang abak untuk ke Sekolah, dan menghindari adanya putus sekolah. Ini patut mendapat jempol dari masyarakat luas.

Lanjut Wawan, pasalnya dengan melihat latar belakang kehidupan sekarang ini, masih banyak anak usia produktif bersekolah mencari nafkah sendiri, Sehingga anak tidak mau bersekolah lagi karna faktor ekonomi, termasuk biaya transfor ke Sekolah dan uang jajan.

“Program ini merupakan langkah tetap Pemda untuk menghindari anak putus Sekolah,”ungkap Wawan.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button