Daerah

Bayi Yang Dibuang di Pos Kamling Dusun Kendal Songgon Diserahkan ke Dinsos PSAB Jatim

10 Hari Dirawat di RSUD Genteng

BeritaNasional.ID,

BANYUWANGI – Bayi mungil berjenis kelamin perempuan yang ditemukan di Pos Kamling pada Senin (2/4/19) Dusun Kendal Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabuparen Banyuwangi, akhirnya diserahkan ke Dinas Sosial PSAB Provinsi Jawa Timur oleh Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi, Kamis (11/4/19).

Mekanisme proses penyerahan bayi dilakukan oleh pihak RSUD Genteng diwakili dr. Sugiyo kepada Kadinsos Kabupaten Banyuwangi Edy Supriyono MM. Selanjutnya Kadinsos Edy Supriyono menyerahkan bayi tersebut kepada Kasie Pelayanan Sosial Dinas Sosial Provinsi Jatim, Sri Mariyani.

“Sebelumnya memang kita titipkan di RSUD Genteng selama 10 hari, setelah kondisi bayi ini stabil, kita serahkan ke Dinas Sosial PSAB jatim untuk dilakukan perawatan lanjutan,” kata Kabid Dayaresos di Dinsos Banyuwangi, Tina Tati Melati, saat ditemui di RSUD Genteng, Kamis (11/4/19).

Sementara Kapolsek Songgon AKP Bakin melalui anggotanya Bripka Efendi menyatakan, meskipun sudah diserahkan kepada dinas sosial, bukan berarti polisi lepas tangan. Pihaknya mengaku akan terus memantau perkembangan si bayi yang mulai saat ini dalam perawatan Dinsos PSAB Jatim.

“Sejauh ini banyak pihak yang telah mengajukan diri dan berminat untuk mengadopsi si Bayi. Namun pihaknya mengaku menyerahkan proses pengadopsian bayi tersebut kepada dinas sosial PSAB Jatim sebagaimana protap yang ada,” tegasnya.

Sementara Kadinsos Banyuwangi Edy Supriyono juga memberikan catatan, bahwa proses adopsi bayi harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Sesuai prosedur, memang dari dinas sosial Provinsi Jatim, tapi pihaknta juga akan ikut mengawasi.

“Kita lihat background calon keluarganya seperti apa, secara ekonomi mampu apa tidak. Jangan sampai setelah diadopsi bayi ini nanti malah justru ditelantarkan, atau barangkali sampai dijual. Ini yang kita tidak mau, kita awasi betul,” ungkap Edy Supriyono yang sebelumnya menjabat sebagai Kasatpol PP Banyuwangi ini.

Seperti diketahui, sebelumnya bayi mungil sehat dengan berat badan 2,8 kilogram dan panjang 47 cm ini kali pertama ditemukan di Pos Kamling Dusun Kendal Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Oleh pelaku (belakangan diketahui ibu kandungnya sendiri), memang sengaja dibuang karena diduga hasil hubungan gelap dengan PIL nya yang tidak bertanggung jawab. (Alif HW)

Caption : Situasi penyerahan bayi temuan dari RSUD Genteng kepada Kadinsos dan oleh Kadinsos diserahkan kepada Dinsos PSAB Jatim, Kamis (11/4/19).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button