Sulawesi

Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel Apresiasi Pelatihan Menulis Bagi Guru

Beritanasional.ID – Menulis itu adalah sebuah bagian yang tak terpisahkan dari kita mewariskan pengetahuan kepada generasi yang akan datang.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo, SH ketika menghadiri acara pembukaan Pelatihan Menulis Bagi Guru Angkatan ke-3 dengan tema “Satu Guru Satu Buku (Sagu Sabu) dan Satu Siswa Satu Buku (Sasi Sabu) yang dirangkaikan dengan Launching Buku karya Guru pada pelatihan Sagu Sabu angkatan ke-2 yang dilaksanakan di Aula Balai Diklat PUPR wilayah VIII Makassar, Sabtu (17/11).

Kadis yang akrab disapa None ini mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi dan sangat senang dengan kegiatan seperti ini.

“Ibarat sebuah pesta. Kegiatan ini pesta kecil tapi makan besar, bukan sebaliknya,” ujurnya sembari menambahkan meskipun kegiatan ini kecil tapi ada outputnya, ada hasil yang dicapai.

Di sisi lain ia menegaskan bahwa yang bisa membuat cara pendidik berinovasi dalam mengajar adalah kalau dia punya buku.

Sementari itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Kabid Pembinaan Perpustakaan Drs. H. A. Ahmad Saransi, M.Si dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan ini menegaskan bahwa tradisi menulis masyarakat Sulsel sudah ada sejak zaman lampau.

“Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel terdapat 4020 judul naskah kuno yang sudah dimikrofilmkan yang jika dibentangkan panjangnya sekitar 80 kilo meter,” jelasnya.

Karena itu ia berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk membangkitkan kembali tradisi tulis di Sulawesi Selatan.

Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Makassar, H. Muhyiddin, SE, MM yang juga hadir mewakili kepala dinasnya juga memberi apresiasi dan siap berkolaborasi dengan para guru penulis yang tergabung dalam komunitas binaan mediaguru ini.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar yang diwakili Kepala Bidang Managemen Guru dan Tenaga Kependidikan Dr. Panja Nur Wahidin, M.Pd.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (17-18/11) ini menurut Ketua Panitia Alphian, diikuti 120 peserta ditambah 35 alumni angkatan kedua yang melaunching buku hasil karyanya. Dengan menghadirkan narasumber Mohammad Ihsan Pemimpin Umum Media Guru, dan Sri Subekti, S.Pd, M.Pd guru, penulis, editor dan narasumber nasional SaguSabu.

Pada kesempatan itu CEO Media Guru Mohammad Ihsan juga menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sulsel, Kepala Dinas Perpustakaan Prov. Sulsel, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni sebagai tokoh penggerak literasi di Sulsel. * (naz)

Editor : Puguh

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button