Sumatera

Pringsewu Expo 2023, Produk UMKM dan IKM Jadi Unggulan

BERITANASIONAL.ID, LAMPUNG PRINGSEWU – Pada Expo 2023 Kabupaten Pringsewu, produk UMKM dan IKM dijadikan unggulan.

Pringsewu Expo 2023 merupakan serangkaian dari acara HUT ke- 14 Kabupaten Pringsewu dimana sebelumnya terkendala oleh pandemi Covid 19.

Penjabat Bupati (Pj) Kabupaten Pringsewu Adi Erlansyah menyampaikan, dengan digelarnya event Pringsewu Expo tahun 2023 Pringsewu bisa membangkitkan perekonomian masyarakat lewat UMKM.

“ini merupakan upaya Pemkab untuk memfasilitasi agar kegiatan masyarakat lebih muncul dan berkembang dan berdampak secara ekonomi,” kata Adi usai  gelar Press Confernce Pringsewu Expo 2023, Jumat (16/6).

Meski masih banyak UMKM yang tidak terangkul dalam event ini, lanjut dia, tetap menjadi catatan agar Pringsewu Expo kedepannya bisa melibatkan lebih banyak UMKM.

Ada 110 UMKM yang akan tampil. Ada juga sejumlah lapak yang diisi oleh para pelaku UMKM di luar komplek Pringsewu Ekspo, yang dikelola oleh komunitas perdakon.

Untuk itu, Adi meminta berperan serta media diharapkan dapat menyebarkan luaskan ke masyarakat di kabupaten dan luar kabupaten supaya mereka mau datang dan berkunjung ke pesta rakyat yang akan digelar selama 6 hari ke depan.

“Stand di sini mulai buka sore hari sekitar pukul 15.00-22.00 WIB. Bisa sampaikan ke masyarakat agar datang ke sini,” imbuhnya.

Lanjutnya, tidak ada target putaran uang untuk meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah( PAD) secara khusus dalam pelaksanaan Pringsewu Ekspo tersebut.

Ia berjanji pihaknya akan berupaya secara semaksimal mungkin dengan menggandeng perbankan kepada pelaku UMKM maupun yang membuka stand agar melakukan pembayaran secara digital melalui QRIS.

“Apalagi transaksi digital salah satu upaya yang dilakukan  pemerintah untuk mempermudah memberikan pelayanan masyarakat,dan memberikan kepastian. Masyarakat tidak perlu bawa uang tunai lagi,” tutup Adi. (D4vit)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button