GorontaloRagam

Gorontalo Terima Bantuan untuk Tangani Kekeringan dari BNPB

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diserahkan langsung Sekretaris Utama BNPB Rustian, kepada Asisten II Setda Pemprov Gorontalo Handoyo Sugiharto, mewakili Penjabat Gubernur saat penyelenggaraan pagelaran Budaya Sadar Bencana, di Lapangan Taruna “Nani Wartabone” Kota Gorontalo, Jumat (6/10/2023) malam.

Atas bantuan yang diserahkan tersebut, Asisten II Handoyo Sugiharto mengucapkan terimakasih kepada BNPB. Menurutnya, saat ini terdapat beberapa daerah yang sedang mengalami krisis air bersih. Dengan sarana dan prasarana yang ada, Pemprov Gorontalo telah menyalurkan air bersih ke lokasi kekeringan, tetapi terkendala dengan mobil tangki air yang ada sudah tidak bisa mejangkau ke lokasi dataran tinggi. Padahal justru masyarakat di sana sangat membutuhkan air bersih.

“Oleh karena itu, atas nama Penjabat Gubernur kami sangat berterimakasih atas bantuannya pak Sektum, dan kami berharap bantuan mobil tangki air tadi ini, yang nanti bisa menyaluran air bersih sampai ke daerah dataran tinggi di Provinsi Gorontalo,” ucap Handoyo.

Sebagai akhir Handoyo juga berterimakasih kepada BNPB yang sudah melaksanakan budaya sadar bencana di Provinsi Gorontalo. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir risiko maupun dampak yang disebabkan dari peristiwa bencana. Serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di Provinsi Gorontalo tentang pencegahan segala macam bencana.

Bantuan untuk menangani bencana kekeringan terdiri dari peralatan 30 tandon air, empat unit alkon tiga inch, selang spiral tiga inch 25 meter, lima rol selang buang 100 meter, dan lima rol selang buang 50 meter. Ada pula 50 unit perlengkapan safety yang terdiri dari sepatu, helm, baju anti panas, dan kaos tangan.

Selain bantuan peralatan, secara simbolis diserahkan pula 1.000 paket sembako, kepada perwakilan masyarakat yang tinggal di daerah darurat bencana kekeringan. Rustian menyebutkan saat ini, Kabupaten Gorontalo menjadi daerah paling banyak terjadi bencana di Provinsi Gorontalo, termasuk menjadi salah satu daerah rawan kekeringan.

“Semoga bantuan bantuan ini dapat membantu percepatan penanganan darurat bencana kekeringan di Provinisi Gorontalo. Karena memang bantuan yang kami serahkan adalah sebagai dukungan operasional penanganan darurat bencana kekeringan,” ujar Rustian.

Turut hadir dalam kegiatan yang dimeriahkan oleh penyanyi ibukota Budi Doremi tersebut masing – masing anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah Rusli Habibie, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, serta perwakilan Forkopimda Gorontalo dan tamu undangan lainnya.(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button