MetroNasional
Trending

Mahasiswa AP FISIP Uncen Gelar Pegabdian di Kampung Yobeh Sentani

*Dosen Pendamping Gelar Sosialiasi dan Edukasi Membudayakan Protokol Kesehatan

User Rating: Be the first one !

BeritaNasional.ID, Jayapura — Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih Jayapura-Papua berlangsung di Kampung Yobeh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Adapun pelaksanaannya Mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok. Informasi yang berhasil diperoleh BeritaNasional.ID, setiap kelompoknya berjumlah 10 orang setiap harinya. Pembagian peserta KKL  dilakukan, mengingat pelaksanaan kegiatan masih dalam situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal tersebut dibenarkan oleh Koordinator Supervisor KKL Prodi Ilmu Administrasi Publik Angkatan 2017 tahun 2020, Lazarus Ramandey.

Supervisor KKL Prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP Universitas Cenderawasih

“Mahasiswa wajib menjalankan protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik (physical distancing), dan mencuci tangan. Harapan kami, setiap program yang telah terencana dapat berjalan dengan baik,”ujar Lazarus Ramandey, Selasa 1/9/2020.

Lanjut ia menambahkan, adapun jumlah Mahasiswa sebanyak 85 orang yang berasal dari Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik angkatan 2017. Menurut dia, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma

“Pelaksanaan KKL ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu didalamnya adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Setelah menjalani beberapa semester, mereka selanjutnya turun ke masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama berada di bangku kuliah,”jelasnya.

Salah seorang supervisor, Ilham menambahkan sejumlah program yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut yakni, pendataan potensi kampung, pembuatan papan batas kampung, pembuatan papan monografi kampung, bakti sosial, termasuk membagikan ribuan masker kepada masyarakat kampung.

“Kita juga menggelar sosialiasi yang bertajuk, edukasi membudayakan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di Kampung Yobeh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kegiatan pengabdian ini, selanjutnya kita terbitkan dalam jurnal pengabdian masyarakat Sinta 3, di Jurnal Masyarakat Mandiri Universitas Muhammadiyah Mataram,”tutupnya.

Penulis : Ilham

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button